Emas Bergerak Kian Menyempit

Emas sejenak bergeliat dan menyentuh level 1303.55 menyusul publikasi data US Unemployment Claims yang berlabel “lebih lemah dari ekspektasi” untuk data akhir pekan kemarin. Klaim tuna karya Amerika Serikat meningkat pada jumlah 326.000, dibandingkan dengan 298.000. Data tersebut juga melibas ekspektasi para ekonom yang menyajikan kenaikan pada jumlah 312.000.

Data tersebut segera direspon para trader dan investor untuk sementara mendekap emas dan melepas dollar, setelah rilisan FOMC Meeting Minutes semalam nampaknya tidak terlalu banyak berpengaruh pada volitilitas jejak Emas.

Dan pasca publikasi US Existing Home Sales yang lebih bagus dari sebelumnya, yaitu 4.65 juta unit dari 4.59 juta unit, geliat Emas kembali tersendat. Meski secara keseluruhan belum merubah pergerakan Emas yang masih nampak terperangkap dalam pola triangle yang kian menyempit.

Dari perspektif teknikal:

Pergerakan Emas pada sajian grafik Daily semakin mempertegas pola higher low dan lower high yang berindikasi kekuatan buyer dan seller masih seimbang dan argument tersebut diperkuat dengan RSI yang tidak beranjak dari level normal (50).

Meski saat ini tendensi Emas sedang naik, namun masih terhadap garis tren triangle atas (1303.90) dengan resisten lanjutan pada level 1308.85; 1315.45 dan zona EMA 200 (1319.20). Resisten kritis terdapat pada level 1313.00 (level high bulan April), sehingga jika dominasi buyer mampu mengantarkan Emas mempenetrasi level 1313.00, maka secara teknikal perubahan pandangan atas bullish Emas kian kuat.

Sebaliknya, jika skenario tersebut pupus, lantas Emas berbalik tertekan dan menjejaki fase koreksi hingga menembus support kritis, 1268.35 (level low bulan April), maka perspektif atas ekstensi bearish Emas akan kian mengkristal.

Kegagalan dua skenario tersebut di atas akan memungkinkan Emas kembali bergerak dalam rentang dua tepi triangle, antara 1283.15 dan 1303.95, dan momentum untuk konfirmasi dan validitas bullish atau bearish Emas masih tetap belum jelas.

Source : www.fxcosmic.com | http://ift.tt/1pgx7en

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s