Performa Emas akan Diuji Hasil FOMC Minutes dan Data Ekonomi AS

Sempat menyapa level high 1305.20 pada sesi transaksi awal pekan ini, namun Emas kembali tertekan dan ditutup pada level 1292.80. Secara general, pergerakan Emas masih dalam rentang transaksi yang sempit, setidaknya sejak dua pekan lalu hingga kini dan  bias tren masih mengindikasikan netral.  Penentuan arah Emas secara jelas diperkirkan setelah publikasi FOMC Minutes pada hari Kamis, tanggal 22 Mei besok lusa , dengan tinjauan teknikal atas kemungkinan pecahnya support atau resisten untuk short term .

Sentimen pasar secara luas masih tidak mudah hingga akhir pekan kemarin, ditandai dengan pasar saham utama mengindikasikan ditutup lebih rendah pada saat obligasi AS untuk jangka 10 tahun (10-year US Treasuries ) anjlok pada level terendah sejak Oktober 2013, yaitu 2.4%.Pada Kamis pekan kemarin, publikasi data US consumer price index menunjukkan kenaikan pada basis bulanan dan tahunan . Data CPI tersebut akan mulai melemahkan nada Fed dan bersama dengan pemulihan pasar tenaga kerja, tinjauan inflasi  mungkin masih menjadi atensi utama bagi gerak maju bank sentral

 Pada pekan ini, tepatnya pada hari Kamis, 22 Mei Jam 01.00 WIB, akan dirilis hasil pertemuan FOMC pada tanggal 29-30 April lalu. Event tersebut akan menjadi titik focus para trader dan investor untuk terus mencari petunjuk mengenai  prospek bank sentral central berkenaan dengan suku bunga. Paket indikator ekonomi Amerika Serikat pekan ini antara lain pasar perumahan dengan existing home sales  pada hari Kamis, dan new home sales pada hari Jumat, tanggal 23 Mei. Data hari Jumat lalu, menunjukkan housing start melonjak 13.2% m/m pada bulanApril, jauh di atas ekspektasi yang hanya 3.6% m/m dan jika pekan ini menguat,  akan menekan kinerja Emas lebih lanjut karena prospek bagi normalisasi kebijakan dari Fed mulai. US Existing home sales diperkirakan naik 2.1% m/m setelah mengalami kontraksi 0.2% m/m pada bulan Maret, seta consensus estimasi untuk US New home sales naik 10.6% m/m, memantul naik dari kontraksi lebih dari 14% pada bulan sebelumnya.

Dari perspektif teknikal;

Setelah pada bulan April mencapai level puncak 1331.00 dan terpuruk menuju level terendah 1268.35, pola pergerakan Emas kian menyempit, meski  terus membentuk higher low (level low yang lebih tinggi), namun pada sisi lain terjadi juga pembentukan harga berpola lower high (level high yang lebih rendah) hingga sejak rentang transaksi bulan April (1268.35-1331.00) hingga sesi transaksi akhir pekan kemarin pola triangle telah membelenggu Emas, sebagaimana nampak pada sajian grafik 4 jam di atas.

Jika Emas konsisten melaju di bawah zona EMA 200 (1299.40) dan zona EMA 55 (1295.77), lantas  disertai dengan tekanan RSI di bawah 50, maka potensi bearish trend akan tetap membayangi Emas.  Konfirmasi bearish  akan terjadi jika tembus support 1273.45 dengan target susulan, 1268.35. Dan penetrasi di bawah 1260.00 akan menempatkan Emas pada posisi ekstensi bearish  dengan target berikutnya adalah 1255.50, sebagai titik pijak menuju 1216.00 dan level terendah 2013, yaitu 1180.10.

Resisten sementara dan kegagalan bearish trend Emas pada jangka pendek adalah kesanggupan Emas konsisten melaju di atas level 1305.50-1308.85 dengan penetrasi berikutnya di atas 1324.35-1331.00 sehingga akan merubah perspektif Emas untuk kembali membangun tren bullish pada jangka panjang . Intinya: Menunggu momentum pecahnya pola triangle pada pekan ini, demi memperjelas arah jangka menengah (medium-term) . Meski tinjauan secara umum tetap berpihak pada potensi tekanan jual bagi Emas

Source : www.fxcosmic.com | http://ift.tt/1sPyyk7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s