Trading Menggunakan Pola Divergen

Trading Menggunakan Pola Divergen
Terdapat dua tipe divergen:
1.    Divergen Reguler (Regular divergence)
2.    Divergen Tersembunyi (Hidden divergence)
Setiap tipe divergen akan mengandung bias bullish atau bias bearish.Kami akan coba sajikan aplikasi dan identifikasi antara divergen regular dan divergen tersembunyi secara cepat  


9 Aturan untuk Trading Pola Divergen
Sebelum kita mulai bertransaksi dengan mengamati pola divergen, ada 9 aturan untuk aplikasi trading divergen antara lain:
1. Pastikan Pengamatan Kita Jelas
Untuk menentukan adanya pola divergen, harga harus membentuk salah satu dari syarat berikut ini:
•    Level High lebih tinggi dari high sebelumnya (Higher high than the previous high)
•    Level Low lebih rendah dari low sebelumnya (Lower low than the previous low)
•    Dua Level Tertinggi (Double top)
•    Dua Level Terendah (Double bottom)
Jika terbentuk pola harga dari salah satu syarat di atas, bersiaplah untuk trading:

2.    Buat garis dari puncak dan lembah secara bururutan
Ingat kita bisa bertindak terhadap gerakan harga terbaru. Amati. Ingat kita hanya akan mengamati 4 hal: Level High lebih tinggi, Level High dalam kondisi flat (mendatar), Level Low lebih rendah dan Level Low dalam kondisi flat (mendatar)
Sekarang buat garis dari level high atau  level low menuju level high atau level low sebelumnya . Dan kini terdapat level-level Utama Tertinggi atau Terendah secara bersinambung. Jika kita melihat lekukan naik atau menurun antara dua leveI Tertinggi atau Terendah. Bersiaplah untuk aksi.

3. Hubungkan Level-level High dan Level-level Low Saja
Sekilas kita amati dua ayunan level High terbentuk, kita hubungkan level-level High tersebut.Jika dua level Low terbentuk, hubungkan level-level Low tersebut. Jangan membuat kesalahan dengan mencoba menarik garis dari level low ketika kita melihat ada dua level High yang lebih tinggi .

4. Amati Pergerakan Harga
Setelah kita menyambungkan dua level high ata low dengan garis tren . Sekarang lihat indikator yang kita sukai dan gunakan dan bandingkan dengan pergerakan harga. Dimanapun indikator digunakan, ingat kita membandingkannya dengan level-level high dan low .Sebagian indikator semisal  MACD atau Stochastic punya banyak garis. Namun tetaplah focus pada level-level tertinggi dan terendah

5. Harmoniskan Koneksi Antar Level Harga dan Indikator
Jika kita menarik satu garis yang menghubungkan dua level harga tertinggi , kita harus manarik satu garis terkoneksi dengan dua level tertinggi juga berlaku untuk indikator . Juga untuk koneksi dua level harga terendah . Jika kita menarik satu garis yang menghubungkan dua level harga terendah, kita harus juga menarik garis terkoneksi dua level terendah dari indikator, sehingga harmonis.

6. Tarik Garis Vertikal
Level-level harga tertinggi atau terendah yang kita identifikasi pada indikator harus sesuai secara vertical dengan level harga tertinggi atau terendah .

7. Amati Pola Garis Miring Naik (Asceding)  dan Garis Miring Turun (Descending)
Divergen hanya berlaku jika pola garis miring naik yang merupakan koneksi indikator level tertinggi atau terendah berbeda dengan pola garis miring yang terkoneksi antara level harga tertinggi atau terendah. Dan terbagi dalam  formasi;  Ascending (garis miring menaik) ; Descending ( garis miring menurun) dan Flat (mendatar)

8. Jika Harga Mulai Bergerak, Amati Gerakan Berikutnya
Jika kita menangkap pola divergen, tetapi harga sudah berbalik arah dan bergerak dalam satu arah untuk beberapa saat, pola divergensi telah berlalu. Kita mesti menunggu untuk ayunan harga level tertinggi atau terendah lainnya terbentuk dan mulai menyimak pola divergen lainnya

9. Pola Divergen dalam Kerangka Waktu Lebih Panjang, Lebih Meyakinkan
Sinyal-sinyal divergen cenderung lebih akurat dalam kerangka waktu yang lebih panjang dan kita akan mendapatkan sedikit sinyal palsu. Hal ini berarti transaksi yang lebih sedikit atau jarang,  tetapi jika struktur transaksi kita bagus, maka potensi profit akan lebih besar.Pola divergen dalam kerangka waktu yang lebih pendek terjadi lebih sering, tetapi sedikit terpercaya atau kerap bersinyal palsu
Kami menyarankan hanya mengamati pola divergen pada kerangka waktu 1 jam atau lebih panjang . Sebagian trader menggunakan dalam kerangka waktu 15 menit bahkan kurang, yang biasanya terlalu riskan.

Source : www.fxcosmic.com | http://ift.tt/1l0gHWJ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s